Rabu, 14 April 2010

Profesor yang tidak sempat bergelar profesor…


Rambut putih, yang untuk usianya pada saat foto itu diambil seharusnya ga segitunya, raut muka percaya diri, tangan bersilang di depan dada, dan baju itu…baju yang dalam ingatan masa kecilku, sering sekali dipakai beliau ketika berangkat kerja. Mirip-mirip professor, apalagi jika kacamata dilengkapi rantai itu dipakainya….Mmmhhhh….Sang Profesor…itulah Bapak…walaupun beliau tidak benar-benar bertitel Prof., tp bagi anak bungsunya ini, Bapak tetaplah sang professor juara nomer satu (emang lomba, pake juara-juara an…klo gitu nanti dibikin Bapak juara harapan satu..ato Bapak berharap juara…wekwkwkwkw..)

Sebenarnya Bapak sudah melanjutkan studi S3nya ke Jepang..tp entah kenapa, beliau tidak meneruskan sampai kelulusan dan memutuskan pulang ke tanah air kemudian melanjutkan profesi kebanggaannya: dosen. Sayang sekali sebenarnya, tp mungkin beliau sudah mempertimbangkannya dengan matang saat itu. Bahkan saat kutanya Ibuk, beliau juga tidak bisa menjawab kenapa Bapak tiba-tiba menghentikan kuliahnya di Jepang. Dengan sedikit ge-er, kadang aku berpikir itu gara-gara aku…hahahahahaha…Tanya kenapa??

Jadi ceritanya, tidak lama setelah Bapak berangkat ke Jepang, Ibuk tiba-tiba mual (makan apa ya Ibuk waktu itu, salah makan kali Buuuuuk….wakakakaka). Ehem..ehem…singkat cerita, ternyata Ibuk mengandung seorang bayi imut, lucu yang nanti gedenya juga bakalan jadi gadis yang manis, cantik, baik hati dan tidak sombong (mohon ditahan kalau ada yang mau muntah…huahahahaha..). Yup! Itulah aku..bayi yang dikandung dan dilahirkan ketika tidak ada Bapak di sisi Ibuk…hiksss..hiksss…(looh??!!)

Waktu aku dilahirkan pun, konon, yang menunggui Ibuk adalah om, adik kandung Ibuk, bukan Bapak (ya iyalaaaaaah…gimana cara Jepang-Indonesia mau sebelah-sebelahan??). Dan sampai aku berumur sekitar 1 tahun pun, Bapak masih di Jepang. Dan satu hal yang bikin nyeseeeeeelllll ampun, sebenarnya pas itu, ada rencana, Ibuk dan aku akan diberangkatkan ke Jepang untuk nyusul Bapak. Lah…kok tapi nggak jadi….(huaaaaaaaaaaaa…kan itung-itung bisa ditulis tuh di biografi kalau pernah ke Jepang, walaupun pas masih bayi dan pas gede juga ga bakal inget ngapain aja disana…hihihihihi..). Dan terbalik, akhirnya malah Bapak yang memutuskan balik ke Indonesia…Piye tho Paaaaaaaaaak????

Yah itulah, kenapa kadang terbersit mungkin Bapak ga jadi kelarin kuliah di Jepang gara-gara kangen ma aku….gyahahahahahhaha….najooooooooooong…ge-eeeeeeeerrrr…..(pembaca dimohon tenang..). Dan uniknya (baca: lumrahnya alias bisa diprediksi) ketika pertama kali ketemu dengan Bapak..dengan cueknya aku malah sembunyi di belakang Ibuk…takuuuuuuuuttt…sopo iku? Kok tiba-tiba mau gendong...hahahhaha…(ini berdasarkan cerita Ibuk lhooo…boro-boro aku bisa inget…)

Kembali ke cerita foto di atas, disana juga terpampang Ibuk, kakek nenek, dan kakak-kakakku…lengkap..total berjumlah 11 orang (bisa bikin tim sepakbola nih..). Tapi saat tulisan ini diedit-edit, baru saja nenek dari Ibuk meninggal pada hari Sabtu. Innalillahi wa innaillaihi rooji’un. Semoga beliau tenang disana, diterima segala amalnya dan diampuni segala dosa. Amiin…(ada cerita juga tuh nanti gimana aku ngotot pulang ke Jogja padahal saat itu lagi rush banget reporting di kantor..Minggu aja masuk cuuyyy….)

Hmmm…kembali lagi ke foto (dari tadi kembaliiiii mulu..). Posisiku saat itu adalah tepat berdiri di depan Bapak, kecil, mungil, item, gundul, polos (bagian mananya termasuk kategori bayi imut dan lucu hayooo????). Semua temanku yang udah liat foto itu komennya satu suara semua: “yang mana kamu Me?” setelah jari telunjuk menunjuk anak kecil di tengah, reaksinya lagi-lagi bikin koor: “heeeeeh???serius loooo??!”….”Ya iya lha serius boooooo’ ..pliiiis deeeee” (lebaimodeON). Kontras sekali..seakan-akan aku bisa hancur sekali injak bila dibandingkan dengan orang yang berdiri dibelakangnya…Bapak..

Tapi itulah foto penyemangatku kini..anak kecil tengil itulah yang akan meneruskan impian Bapak, cita-cita Bapak..dan akan berusaha bisa meraih apa yang telah Bapak raih dahulu..bahkan akan berusaha untuk lebih..

Meskipun Bapak sudah tiada..dan pernah merasa seakan-akan tanpa arahan, tanpa tahu harus bagaimana, jalan mana yang harus dilalui..tapi setidaknya aku tahu kemana tujuanku…masalah mau lewat mana, biarlah Allah yang menunjukkan..

Semoga tujuan itu bukan hanya sekedar impian yang akan hilang ditelan waktu..tapi benar-benar akan menjadi tempat yang bisa kuraih..

Lalu usaha apa yang sudah dilakukan: BELUM ada…jyaaaaaaaaaaahhhh…gubraaaaaaakkk!!!
Ga deeeenk…ada kok…nyicil….^^ yang penting sekarang: I HAVE TO GO HOME!



5 komentar:

  1. Oooohhh ... tidak menyangka Bapakmu hebat Me ... secara tiap hari liat anaknya yaaanggg ... kayaaakkk ....gyahahahahahahahahaha .... dosa apa Pak, punya anak kayak Meha. Hihihi .... pis Me ... pipis dulu.

    Btw, aku link blogmu ke blogku ya Jeng ...^^

    BalasHapus
  2. kayak apa?? hayo...sini bilang...
    yeeee....jangan salah ya..gini2 juga anak kesayangan (semoga kakak2ku ndak baca ni komen..huahahahaha..)

    Bole2...jadi pengikut aliran sesatku juga boleh Put...gegegegege...

    BalasHapus
  3. salam kenal. numpang nampang :p

    BalasHapus
  4. huuuueee...ada Andik..
    dikomporin Puput ya ikutan nampang disini..
    wekwkwkwkwkw...^___^

    BalasHapus
  5. perasaan td ada kata2.."anak kecil yg skrgnya manis??ehm...tik tok tik tok.. mulai berpikir.. mencoba tdk mengiyakan..huahaha....

    BalasHapus